You've successfully subscribed to UBM Gorontalo
Great! Next, complete checkout for full access to UBM Gorontalo
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.
Success! Your billing info is updated.
Billing info update failed.

Hari Ini, Mahasiswa Analis Mulai Jalani PBK 1

Humas UBM Gorontalo
Penerimaan mahasiswa PBK 1 di Puskesmas Bulango Timur yang dihadiri oleh Dekan F-STIK, Adnan Malaha M.Si. Senin (17/1/2022)

Kampus.UBMG - Terhitung sejak hari ini, Senin (17/1/2022) mahasiswa semester III Program Studi Analis Kesehatan, Fakultas Sains, Teknologi dan Ilmu Kesehatan, Universitas Bina Mandiri (UBM) Gorontalo mulai menjalani Praktek Belajar Klinik (PBK) 1.

70 mahasiswa ini akan disebar di 11 Puskesmas yang ada di Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo. Sebelum turun ke puskesmas, para mahasiswa sudah dicoaching agar, ketika berada di lokasi PBK sudah mengerti dan memahami seluruh prosedur yang ada di Puskesmas.

β€œPesan kami agar mahasiswa aktif dalam pelaksanaan PBK. Sebab akan banyak ilmu yang akan didapatkan oleh para mahasiswa sebelum menjadi Ahli Teknologi Laboratorium Medika profesional,” harap Dekan F-STIK, Adnan Malaha M.Si saat menghadiri penyerahan mahasiswa di Puskesmas Bulango Timur, Kabupaten Bone Bolango.

Sementara itu, Rektor Dr. Hj. Titin Dunggio M.Si, M.Kes dalam kegiatan coaching menjelaskan, tujuan yang paling penting dalam pelaksanaan PBK ini adalah, menambah pengetahuan mahasiswa dalam tatalaksana kegiatan pelayanan kesehatan di Puskesmas.

β€œPBK sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan pelayanan kesehatan ditingkat bawah, jadi mahasiswa akan mengetahui standar standar prosedur pemeriksaan di Puskesmas seperti apa,” ujarnya.

Sesuai informasi, 11 puskesmas yang menjadi tujuan PBK 1 ini adalah 4 puskesmas di Kabupaten Bone Bolango, 3 Puskesmas di Kabupaten Gorontalo, dan di Kota Gorontalo sebanyak 4 Puskesmas. (ais/rls)